Sebelum Wawancara Kerja, Jangan Sepelekan 6 Hal Ini

Wawancara kerja selalu dihadapi oleh para Job Seeker atau pencari kerja. Proses ini berguna untuk mengetahui lebih dalam kepribadian maupun gaya komunikasi diri pencari kerja oleh perusahaan.

Namun, proses ini kadang dianggap sepele oleh para pencari kerja dan tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan, yakni Jobstreet.com memberikan beberapa tips bagi para pencari kerja agar mampu melewati proses wawancara kerja dengan sukses.

  1. Riset Tentang Perusahaan

Pelajari lebih dalam terkait perusahaan yang dilamar, mulai dari riset singkat seputar sejarah perusahaan, lokasi, hingga jenis usaha perusahaan.

Hal ini berguna bila nanti saat wawancara kerja Human Resources (HR) memberikan pertanyaan kepada pelamar seputar perusahaan.

Selain itu, riset yang dilakukan oleh pelamar juga bisa memberikan informasi yang akurat terkait perusahaan yang dilamar, dan bisa menghindari praktik penipuan.

  1. Pahami Posisi yang Dilamar

Melamar suatu pekerjaan tentu harus mengetahui dengan matang apa posisi yang dilamar. Jangan sampai hanya sekedar melamar saja dan tidak memperhatikan posisi yang dilamar.

Sebab, HR akan menanyakan seputar posisi yang dilamar kepada pelamar, dan sejauh mana pemahaman dan pengalaman pencari kerja terhadap posisi tersebut.

  1. Persiapkan Jawaban Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Mempersiapkan jawaban tidak ada salahnya agar nantinya saat wawancara kerja tidak blank atau kosong pikiran. Utamanya menyiapkan jawaban seputar pertanyaan yang sering ditanyakan.

Hanya saja, pelamar tidak disarankan menghapal jawaban, karena akan menyulitkan jika lupa, yang diperlukan adalah memahami jawaban itu dengan baik.

“Siapkan jawaban dari pertanyaan yang sering muncul seperti, ceritakan tentang diri anda, apa kekurangan dan kelebihan anda, apa yang membuat anda ingin bekerja disini,” ujar perwakilan Jobstreet.com saat acara Indonesia Career Expo (ICE) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

  1. Dokumen Penting dan Alat Tulis Jangan Tertinggal

Dalam proses wawancara kerja besar kemungkinan para pelamar akan diminta untuk memperlihatkan berbagai dokumen penting. Mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, dan Transkrip Nilai jangan lupa untuk disiapkan.

Alat tulis juga jangan tertinggal, kelengkapan dokumen akan menjadi nilai tersendiri. Sebab dokumen tersebut bisa menjadi verifikasi berkas lamaran yang telah pelamar apply melalui website atau email.

  1. Perhatikan Penampilan

Penampilan fisik saat wawancara kerja juga harus menjadi perhatian utama, sebab ini akan menjadi kesan pertama dari pelamar.

Gunakan gaya busana sesuai dengan ciri khas perusahaan yang dilamar, untuk laki-laki perhatikan gaya dan kerapihan rambut hingga pakaian.

Sedangkan wanita, perhatikan penggunaan make up, busana, dan sepatu. Jangan sampai salah kostum yang membuat diri sendiri nantinya tidak percaya diri dan cenderung gugup saat wawancara.

  1. Manajemen Waktu

Perhatikan waktu dengan baik, sebelum hari pelaksanaan wawancara kerja sebaiknya istirahat yang cukup jangan kelelahan atau kurang istirahat.

Gunakan waktu sebaik mungkin, perhatikan jarak lokasi wawancara kerja dengan tempat tinggal, estimasi waktu perjalanan saat jam sibuk, dan hal-hal yang bisa terjadi diluar dugaan.

Dengan manajemen waktu yang tepat, maka segala kemungkinan resiko telat datang akan bisa diminimalisir dengan baik.

Biasakan sebelum wawancara kerja siapkan waktu. Jangan telat kalau bisa setengah jam sudah sampai lokasi, dan bisa merapihkan penampilan maupun mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan saat wawancara kerja.