Selain H.M. Fitno, Ini 3 Crazy Rich Babel yang Dirikan Bisnis dari Nol

H.M Fitno mungkin menjadi salah satu pengusaha Indonesia asal Bangka Belitung yang kaya raya. Tapi jangan salah, banyak juga lho putra asal wilayah tersebut yang jadi crazy rich.

Dulu, Kepulauan Bangka Belitung sejatinya menjadi bagian dari Sumatera Selatan. Namun di tahun 2000, Bangka Belitung alias Babel justru menjadi provinsi sendiri seperti halnya Gorontalo maupun Banten.

Babel juga merupakan negeri yang kaya akan wisata alam yang luar biasa. Dan kalau kamu pernah nonton film Laskar Pelangi, nah seperti itulah Bangka Belitung.

Dan tempat ini ternyata juga melahirkan para pengusaha Indonesia yang luar biasa sukses saat ini.

Kira-kira, siapa saja crazy rich Babel yang cukup terkenal selain H.M. Fitno? Inilah mereka.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

1. Budi Yulianto

Budi Yulianto pengusaha asal Babel (Indotrading).

Pria kelahiran 1971 silam ini adalah pendiri Multi Buana Group, sebuah perusahaan yang berbasis di Jakarta Barat.

Menurut informasi di situs Indotrading, sebelum jadi pengusaha Indonesia, Budi Yulianto dulunya karyawan dari Salim Group. Namun dia akhirnya mundur dari jabatannya dan terjun ke bisnis keluarganya.

Pada saat itu, usaha yang didirikan oleh keluarganya bergerak di bidang trading. Namun tentu saja sifatnya masih tradisional dan manajemennya pun kacau.

Budi pun melakukan penataan, mengatur sistem organisasi, hingga menata ulang sistem personalia guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sana. Alhasil bisnis keluarganya pun bisa berkembang dengan baik.

Di tahun 1992, Budi mendirikan Multi Buana Group yang bergerak di bidang jasa dan trading. Berhubung dia juga pernah mengelola bisnis yang sama di perusahaan keluarganya, dia pun sukses mengembangkan bisnis barunya yang satu ini.

Akan tetapi, Budi juga sempat mengalami keterpurukan di tahun 1997 saat krisis moneter. Dia pun berpikir untuk menutup usaha saat itu.

Alhasil, berawal dari trading, Multi Buana Group bisa mengembangkan usaha ke bidang kemaritiman, sarana infrastruktur, permesinan, agrobisnis, energi, ritel, trading, dan investasi.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

2. Hidayat Arsani

Hidayat Arsani (Babel pos)

Pria ini dulu pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur di Bangka Belitung. Dia adalah seorang pengusaha top di daerahnya, dan setelah gak lagi menjabat sebagai Wagub, Hidayat kembali ke dunia bisnis.

Menurut informasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total harta kekayaan Hidayat mencapai Rp 73 miliar di tahun 2016!

Hidayat memang merupakan pengusaha Indonesia di bidang properti, pelayanan kesehatan, perhotelan, hingga pertambangan! Wow banyak banget ya.

Perusahaan yang dia pimpin bernama Arsani Group. Kabarnya, usaha itu dia rintis dari nol lho, dan usahanya gak cuma berbasis di Babel melainkan juga di Jakarta hingga Bandung.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

3. Chandra Lie

Chandra Lie (Amazonaws).

Namanya mungkin gak familiar, tapi kamu pasti tahu produk yang diciptakan oleh pengusaha Indonesia asal Babel ini. Pria ini juga masuk jajaran orang terkaya di Indonesia karena hartanya mencapai Rp 4 triliunan! Dialah yang mendirikan Sriwijaya Air.

Pria kelahiran Pangkal Pinang 1965 ini merantau ke Jakarta buat melanjutkan pendidikan SMA, namun karena gak lulus Universitas Indonesia, dia memutuskan untuk melanjutkan usaha di bidang garmen.

Setelah sukses berbisnis garmen, dia pulang kampung dan menjalani bisnis tour dan travel. Dari sinilah cikal bakal berdirinya maskapai yang operasionalnya kini dipegang oleh Citilink, anak usaha Garuda Indonesia.

Sebelum akhirnya mendirikan maskapai, Chandra justru memulai usahanya di bidang penyewaan pesawat jenis Fokker dan Boeing. Alhasil di tahun 2000 dia mendirikan Sriwijaya Air.

Pada awalnya, Sriwijaya Air cuma punya satu pesawat. Rutenya juga cuma Jakarta – Pangkal Pinang, Jakarta-Jambi, Jakarta Palembang, dan Jakarta Pontianak.

Tapi lambat laun, bisnis penerbangan ini pun berkembang. Sriwijaya menyabet penghargaan bergengsi hingga akhirnya melahirkan anak usaha bernama NAM Air. Nama Nam sejatinya adalah nama ayahnya yaitu Lo Kui Nam. Dan maskapai ini terkenal dengan rute penerbangannya ke wilayah Indonesia timur.

Itulah tiga crazy rich asal Babel selain H.M Fitno yang cukup terkenal di dunia bisnis. Sejatinya, masih banyak pengusaha Indonesia lainnya yang juga kaya seperti mereka. Hanya saja, mereka mungkin menghindari publikasi media. Intinya, buat kamu yang di Babel atau di wilayah manapun, mendirikan raksasa bisnis dari nol itu bukan hal yang mustahil. Buktinya mereka saja bisa. (Editor: Winda Destiana Putri).

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus cursus rutrum est nec suscipit. Ut et ultrices nisi. Vivamus id nisl ligula. Nulla sed iaculis ipsum.

Contact

Company Name

Address