Tips Pendanaan untuk Membeli Mobil Keluarga

Ada tiga cara dalam mencapai keinginan untuk memiliki mobil keluarga yang baru. Misalnya saja untuk harga harga mobil baru yang dikisaran Rp 160 juta sampai Rp 200 juta.

Simak dulu tips-tips berikut ini ya.

1. Mencicil

Cara ini ketika sudah memiliki dana untuk uang muka dan biaya administrasi. Untuk harga mobil keluarga Rp 170 juta harus menyiapkan dana Rp 51 juta sebagai uang muka sebesar 30 persen.

Ditambah biaya asuransi, administrasi dan lainnya, dengan asumsi 10 persen dari Rp 17 juta. Total biaya awal adalah Rp 68 juta.

Hutang yang ditanggung masih Rp 119 juta. Jika jangka waktu cicilan 3 tahun, perbulannya harus siapkan dana Rp 4 jutaan.

2. Menabung untuk tiga tahun kemudian

Cara ini cocok buat yang belum cukup dananya untuk membeli mobil keluarga saat ini. Dengan memperkirakan harga mobil di masa mendatang. Misalnya harga saat ini Rp 170 juta.

Diperkirakan 3 tahun lagi akan menjadi Rp 226,270 juta (dengan asumsi kenaikan 10 persen per tahun). Uang yang harus ditabung Rp 5.415.513 per bulannya,untuk membeli mobil itu 3 tahun mendatang.

3. Menabung untuk menyiapkan DP dan biaya.

Ini akan menjadi tantangan bagi yang kurang memiliki modal namun memiliki semangat memiliki mobil keluarga. Hal ini bisa memulai dengan menyimpan dana untuk membayar Dp plus biaya 3 tahun kemudian.

Dari harga mobil Rp 170 juta, maka DP cicilan sebesar Rp 51 juta atau 30 persen ditambah biaya-biaya asuramsi dan administrasi sejumlah Rp 17 juta akan menjadi Rp 90,508 juta untuk 3 tahun kemudian. Untuk ini, anda harus menabung setidaknya Rp 2,116 juta perbulannya dan sedikit kesabaran untuk mencicil kredit mobil sesuai masa tenor.

Dengan perhitungan pembiayaan tersebut, idealnya calon pembeli memiliki penghasilan perbulan kisaran Rp 11 juta. Jika penghasilan jauh dari nominal tersebut, lebih baik menurunkan standar mobil baru yang diinginkan, atau bisa melirik mobil bekas yang harganya relatif compatible.

Masih merasa keberatan dengan 3 tips pendanaan mobil keluarga diatas? Tenang dulu, sebentar lagi akan hadir mobil murah dengan harga dibawah Rp. 100 Juta-an, artinya jika Anda DP nya sekitar Rp. 30 juta, kemungkinan perbulan untuk cicilannya Anda hanya merogoh kantong sebesar Rp. 2 Juta/bulan selama 3 tahun.

Sumber Referensi: AR