Tron Coin: Tutorial Lengkap tentang Tron Cryptocurrency

Dari pertengahan Desember ke awal Januari, Tron (TRX) mengalami pertumbuhan sebesar 2.000% – ya, dua ribu (2.000) persen pertumbuhan dalam waktu tiga minggu saja! Hampir semua orang pernah mendengar tentang Tron coin, tapi apakah kamu tahu apa sesungguhnya Tron itu? Atau kamu masih bertanya-tanya kepada diri sendiri, tentang apa itu Tron coin?

Kalau jawabannya iya,  kamu berada di tempat yang tepat!

Di akhir panduan ini, kita akan tamat membahas semua yang perlu kamu ketahui untuk mampu menjawab secara menyeluruh pertanyaan, “Apa itu Tron coin?”.

Disamping dasar-dasar TRX coin, saya juga akan memperkenalkan kamu kepada:

  • Tim pengembang TRX
  • Konversi TRX to IDR (Tron Coin Ke Rupiah)
  • Beberapa potensi kegunaan
  • Keuntungan dari menggunakan koin ini

Mari kita mulai!

Apa itu Tron coin?

Dilansir dari Kanalcoin.com, untuk memahami apa itu Tron coin, kita perlu memulai dari yang paling bawah. Tron adalah platform hiburan terdesentralisasi dan tempat berbagi konten yang menggunakan teknologi blockchain dan peer-to-peer (P2P).

Kamu bias menganggapnya sebagai outlet media sosial generasi berikutnya yang dimana kamu bias membuat dan berbagi konten dengan siapa saja dan dimana saja di dunia ini. Tronix adalah unit dasar akun di blockchain Tron. Mata uangnya yang digunakan untuk membayarmu untuk konten kamu, dan sering dipanggil seperti symbol tickernya yaitu ‘TRX’.

Orang-orang yang menikmasti media sosial, permainan online dan bentuk lain dari hiburan online, akan menyukai Tron.

Dengan menggunakan ekosistem Tron cryptocurrency, kamu bukan hanya dapat membagi konten dengan orang lain, tetapi kamu juga akan mendapat kompensasi sebagai seorang pembuat konten dan data yang kamu hasilkan.

Model seperti ini bergerak sebagai oposisi langsung dari perusahaan-perusahaan media sosial tradisional, sepert Facebook yang memonetisasi data pengguna.

Seringkali mereka melakukan ini tanpa sepengetahuan pengguna, meraup keuntungan hanya untuk diri mereka sendiri. Ketika kamu menggunakan Tron cryptocurrency, kamu memegang kendali atas datamu dan kamu akan diberi kompensasi atas konten kamu sendiri.

Apa itu Tron Coin: Kemitraan Tron

TRX sudah memiliki beberapa kemitraan besar, seperti yang dimiliki bersama oBike. Perusahaan berbagi-sepeda terbesar di Asia Tenggara (oBike), berbasis di luar Singapur, meluncurkan token mereka sendiri, oCoin. Token ini diluncurkan dalam tahun ini pada jaringan Tron pada Januari lalu.

oCoin mempunyai kegunaan di dalam dunia nyata sebagai alat pembeli pengendaraan pada platform oBike. Perusahaan ini memberdayakan pengguna untuk mendapatkan oCoin hanya dengan memilih untuk mengendarai oBike.

Kemitraan besar lainnya termasuk dengan raksasa semi-konduktor, Bitmain, perusahaan terdepan dalam produksi dan desain chip ASIC yang digunakan untuk menambang Bitcoin.Antminer S9 Bitmain adalah salah satu produk paling terkenal yang digunakan komunitas penambang bitcoin. Jadi, jika seseorang bertanya kepadamu apa itu TRX coin, jangan lupa untuk menyebut juga jaringan besar mereka dengan mitra-mitranya.

Zag- S&W, salah satu mitra Tron, adalah firma hukum internasional terdepan yang mempunyai fokus kepada hukum korporasi dan komersial. Ini adalah mitra yang menjanjikan karena firma ini adalah bagian dari Legal 500 yang mempunyai jaringan yang lebar kepada beberapa perusahaan terbesar di dunia. Kemitraan ini akan menawarkan dukungan komprehensif dalam transaksi, operasi, manajemen resiko asset digital serta adaptasi hukum lintas jurisdiksi. Seiring dengan bertambahnya jumlah pertukaran atau exchange yang menambah Tronix ke dalam daftar merek, kebutuhan akan dukungan hukum juga ikut membesar. Sehingga kemitraan ini menjadi sangat strategis.

Ini bukanlah gerakan yang mengejutkan dari lembaga non-profit yang berada di balik Tron.

Apa itu Tron coin: Yayasan Tron

Yayasan Tron atau Tron Foundation adalah lembaga non-profit berbasis di pusat industri kuat Asia Tenggara di Singapura. Yayasan ini secara umum bergerak dalam operasi jaringan kripto Tron dengan prinsip keterbukaan, keadilan dan transparansi dalam mendukung tim pengembangan Tron.

Tim di balik Yayasan Tron memegang teguh regulasi dan kepatuhan pada hukum sebagai nilai tertinggi. Mereka mendapat persetujuan dari Otoritas Regulasi Korporat dan Akuntansi (Accounting and Corporate Regulatory Authority) dan berada di bawah supervisi Hukum Perusahaan Singapura.

Nah, masih penasaran untuk tahu lebih lanjut mengenai Tron coin, kan? Ayo kita pelajari lebih lanjut kali ini mengenai pendirinya, Justin Sun, akan membantumu dalam memahami koin ini dengan lebih baik.

Apa itu Tron coin: Justin Sun

Pemimpin Yayasan Tron adalah seorang pemuda bernama Justin Sun, yang mempunyai latar belakang yang kerennya pecah banget untuk seseorang di umur berapapun, apalagi di umur semuda 27 tahun*. Sebagai permulaan, dia menemukan aplikasi Peiwo yang sudah mempunyai pengguna sebanyak 10 juta. Justin Sun telah membawa Peiwo menjadi aplikasi streaming pertama yang menerima mata uang kripto. Aplikasi Peiwo adalah salah satu anggota terdepan dalam komunitas konten audio online.

Forbes memasukkan Sun ke dalam daftar “30 under 30” di Asia. Jadi, kalau ada orang yang bertanya tentang Tron coin atau apa alasan untuk memilih Tron coin, jadikan kesuksesan dan latar belakang pendirinya ini sebagai salah satu faktor pendukungnya. Selain itu, Justin Sun juga merupakan anak didik Jack Ma, yang semua orang tahu bahwa beliau adalah pendiri Ali Baba group. Jack Ma memilih Justin Sun secara pribadi untuk belajar di kampus bergengsi Jack Ma Hupan University yang memiliki jumlah penerimaan yang lebih sedikit atau lebih ketat dari Princeton University. Justin Sun juga adalah lulusan dari University of Pennsylvania. Walaupun hubungan antara Ali Baba dan Tron masih belum jelas, beberapa developer kelas atas dari Ali Baba memilih untuk berpindah tempat ke Tron. Ini membuat hubungan mereka bertambah keruh.

Selain Jack Ma, Sun mengelilingi dirinya dengan lebih banyak mentor kelas atas termasuk Feng Li dan Tim Berners-Lee. Untuk kamu yang belum tahu, Feng Li adalah penasehat mata uang kripto Ripple dan memimpin investasi di Coinbase. Tim Berners-Lee dikenal karena penemuannya, apalagi kalau bukan World Wide Web.

Di luar tim mentor eksklusif ini, jumlah para influencer berbobot di dunia kripto yang percaya bahwa Tron coin akan sukses terus meningkat, termasuk Hacker Noon.

Bagaimana Cara Menggunakan TRON?

Keuntungan terbesar dari penggunaan TRX coin adalah kamu memberi kekuatan kepada pembuat konten dan seniman atau artis di seluruh dunia untuk memperoleh kepemilikan akan konten yang mereka buat.

Tron memimpin sebuah pergerakan yang dipanggil sebagian orang sebagai we generasi ketiga atau third web. Walaupun kedengarannya seperti sesuatu yang ada di masa depan, web generasi ketiga ini, atau web 3.0 dapat memberdayakan orang-orang untuk menggunakan internet seperti tujuan semula ditemukannya web ini – sebagai jaringan terbuka yang terdesentralisasi.

Selama periode gelembung dot-com atau dotcom bubble, internet telah mengambil jalan yang bertentangan dengan asalnya yang terdesentralisasi. Raksasa media sosial di Silicon Valley membangun di atas infrastruktur yang telah diberikan kepada mereka dan mengubahnya sedemikian rupa sehingga para raksasa teknologi atau Tech Giants dapat membuat uang dari data pengguna. Cambridge Analytica adalah kasusnya dan titik dari system ini. Walau bagaimanapun, Tron akan meletakkan kekuatan kembali ke genggaman tangan para pengguna, sehingga mereka dapat mengendalikan data mereka.

Dengan menggunakan kripto Tron, kamu membimbing internet kembali ke jalannya yang semula. Kamu meletakkan data kembali ke bawah kendalimu dimana kamu memiliki pilihan untuk tidak membuka atau memonetisasi data untuk kepentinganmu. Jadi, salah satu jawaban dari pertanyaan apa itu Tron coin adalah, sesuatu yang akan membawa internet ke tujuan yang aslinya.

Dari sudut pandang developer, Tron juga sesuatu yang special karena pada saat ini TRX  sedang dibangun sedemikian rupa sehingga membolehkan penggunaan Bahasa tingkat tinggi apapun untuk kontrak cerdas atau smart contracts. Ini artinya para developer di masa depan dapat menggunakan bahasa pemrograman manapun yang mereka inginkan untuk membangun di atas desain software terbuka ini.

Salah satu produk terbesar yang dikembangkan pada Tron sejauh ini adalah cryptopuppies (“puppies” yang berarti anak-anak anjing). Tidak lama setelah cryptokitties diluncurkan terlebih dulu, Tron mencoba untuk ikut memperingati tahun Anjing setelahnya dalam kalender Cina. Anjing Tron masih dijual dengan harga setaraf sekitar Rp 261.000. Ini hanyalah satu dari banyak contoh produk yang sukses dalam jaringan ini.

Bagaimana Cara Transaksinya Bekerja?

Untuk membantumu dalam memahami sepenuhnya apa itu Tron coin, saya akan memberimu sekilas pandang mengenau cara kerja transaksi TRX coin.

Seperti banyak mata uang digital lainnya, transaksi TRX coin terjadi di dalam ledger public. Dalam ledger public ini, sejarah dari setiap transaksi dapat dirunut sampai jauh ke belakang ke transaksi yang pertama. Model transaksi yang Tron coin gunakan mirip seperti model transaksi yang digunakan oleh Bitcoin. Perbedaannya hanyalah Tron telah mengimprovisasi model Bitcoin dengan menyediakan system keamanan tambahan. Model yang digunakan TRX dinamakan UTXO.

Di dalam model UTXO, terdapat output dasar yang merupakan sejumlah uang yang dikirim ke alamat TRX pengguna bersama dengan seperangkat aturan atau rules yang akan membuka jumlah spesifik tersebut. Hasil akhirnya adalah sebuah output yang dipanggil UTXO.

Tapi untuk benar-benar memahami apa itu TRX, kamu tidak perlu tahu terlalu banyak tentang model UTXO. Itu adalah untuk para developer dan kutu buku yang kemungkinan mengetahui lebih banyak daripada yang diperlukan. (Bukannya ada yang salah dengan hal tersebut!)

Kamu harus fokus ke gambaran besarnya, berpegang kepada kegunaan secara umum yang disajikan Tron untuk orang-orang yang ingin merebut kembali kendali atas data mereka dan masih menggunakan media sosial.

Apa Saja Potensi yang Dimiliki TRON?

Karena kamu sudah memiliki gambaran yang cukup solid tentang apa itu Tron coin, sekarang waktunya untuk membahas potensi yang dimilikinya. Hubungan Justin Sun dengan Jack Ma mengundang sebuah pertanyaan tentang apakah akan ada sebuah merger atau penggabungan dari kedua entity tersebut di masa depan. Berita kejadian seperti ini akan menjadi seusatu yang besar dan tentunya akan meluncurkan Tronix ke jalan yang jelas dan terjamin akan kesuksesannya. Tron masih tergolong baru dan masih dalam proses permulaannya. Namun tetap saja, kita tidak bias menjadi terlalu optimis.

Tron crypto mungkin akan gagal berkembang karena cara Justin Sun menangani komunikasi, yang terkadang pernah membuat geram para investor. Sun memiliki reputasi sebagai pemberi berita terkini atau update yang memberitahukan bahwa sebuah pengumuman besar akan diumumkan di masa yang akan datang. Hal ini sangat dimaklumi adalah hal yang mengesalkan. Orang-orang juga memandang Sun sebagai seorang pemuda yang terlalu bergejolak dan mungkin terlalu naif untuk menjalankan blockchain yang memiliki kekuatan sebesar Tron.

Pandangan negatif kepada reputasi Tron dan Justin Sun lainnya muncul pada awal tahun 2018, ketika berita tersebar bahwa Tron menggunakan beberapa kode Ethereum dan melanggar lisensi hak cipta Ethereum. Sejak saat itu hal ini telah dikoreksi. Pada waktu yang sama, terdapat juga rumor mengenai Justin menarik tunai koinnya sendiri yang berharga sekitar Rp 17.38 triliun. Setelahnya, berita ini terbukti sebagai rumor juga.

Sebagian orang berpendapat bahwa terdapat kampanye hitam yang dibuat demi merusakkan reputasi Justin Sun. Reputasi Sun seringkali dibombardir ketika memulai belajar tentang Tron coin dan mengetahui bahwa koin ini baru saja berada dalam tahun pertama dari peta jalan yang terbentang sampai tahun 2023. Dalam kata lain, saat ini adalah periode yang masih muda untuk Tron, sehingga berita-berita seperti tersebut akan hilang juga seiring dengan waktu. Lihatlah Jed McCaleb dari Stellar. Orang-orang tiba-tiba lupa semua tentang Mt Gox ketika berita tentang kemitraan Stellar yang dibina dengan IBM muncul. Jadi, lagi-lagi sekarang adalah hari yang masih muda untuk Tron.

by Kevin Leverse
Kevin Leverse adalah ahlis SEO dan blogger professional. Sudah menggeluti dunia Internet dan Make Money Online semenjak 2014

2 pemikiran pada “Tron Coin: Tutorial Lengkap tentang Tron Cryptocurrency”

  1. Wah manteb nih postingan ,menjelaskan tentang Coin Tron atau TRX Coin secara gamblang dan jelas.

    Bisa di coba nih Bisnis Online Jual beli Crypto Tron ,untuk menambah penghasilan secara online.

    Tapi pertanyaanya dimana saya bisa melakukan jual beli voin Tron ini min ?

    Balas

Tinggalkan komentar