Waspada sebelum Mengajukan Pinjaman, Kenapa?

Semakin beragamnya produk pinjaman yang disertai dengan menjamurnya lembaga keuangan selain bank yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Ini merupakan sesuatu yang menggiurkan, terutama bagi kalangan yang sedang berada dalam situasi tertentu yang mengharuskan mereka untuk mencari pinjaman uang dalam jangka waktu singkat.

Ditambah lagi dengan meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, baik untuk keperluan rumah tangga, transportasi, pendidikan, komunikasi maupun hiburan, membuat bidang usaha pinjaman dana cepat sebagai lapangan pekerjaan baru  cukup diminati. Caranya, ada pihak yang meminjamkan dana yang dimiliki kepada pihak yang membutuhkan, dan kemudian pemilik dana pinjaman akan mendapatkan keuntungan berupa bunga pinjaman yang nominalnya tergantung dari besarnya pinjaman.

Lembaga keuangan nonbank semacam ini patut diwaspadai bersama karena suku bunga pinjaman yang ditetapkan lebih tinggi dari suku bunga pinjaman pada umumnya. [Baca: Saking Ingin KTA Cepat Cair, Jadi Kejebak Lintah Darat]

Masyarakat yang menggunakan jasa lembaga keuangan non bank pemberi pinjaman sering kali tidak sadar jika pinjaman atau utang mereka pada lembaga tersebut justru pada akhirnya akan menggerogoti kestabilan finansial mereka sendiri sedikit demi sedikit.

Mereka terbuai akan kemudahan yang ditawarkan dalam mengajukan pinjaman, biasanya memakan waktu kurang dari seminggu atau bahkan langsung cair saat diajukan,apalagi jika dana pinjaman ternyata hanya digunakan untuk membiayai konsumsi dan tidak digunakan sebagai pinjaman modal usaha.

Maka akan semakin beratlah beban utang yang ditanggung peminjam, karena pembayaran pinjaman harus diangsur setiap minggu, bahkan beberapa lembaga keuangan non bank menerapkan pembayaran cicilan mirip rentenir, yaitu setiap hari.

Mengajukan pinjaman dana perlu perencanaan matang

Ada baiknya kita berpikir masak-masak sebelum membuat keputusan apapun yang berhubungan dengan pinjam meminjam uang.  Dengan adanya pinjaman maka beban pengeluaran pribadi atau rumah tangga Anda akan bertambah, sehingga sangat tidak bijaksana jika Anda mengambil keputusan untuk melakukan pinjaman tanpa perencanaan.

Apakah Anda sudah merencanakan untuk keperluan apakah dana pinjaman itu nantinya? Sudahkah Anda menyisihkan sebagian dari pemasukan yang digunakan untuk mengangsur pinjaman?

Mengajukan pinjaman sebagai modal usaha adalah tujuan terbaik karena Anda dapat memanfaatkan laba hasil usaha untuk mengangsur pinjaman sekaligus bunganya. [Baca: Jangan Cuma Mupeng Dapat Pinjaman Usaha]

Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai lembaga keuangan yang Anda pilih sebagai pihak yang akan meminjamkan dana. Dalam hal ini bank merupakan lembaga keuangan terbaik dan aman.

Anda tidak akan merasa dipecundangi karena bank telah mencantumkan syarat dan ketentuan berikut prosedur dan tata cara pengangsuran. Utamakan memilih bank terkemuka dengan reputasi baik dengan mencari informasi tentang bank kandidat kreditur Anda di internet, surat kabar, televisi atau media lainnya.

Pilih pinjaman dengan jangka waktu lama, karena semakin lama waktu penulasanpinjaman semakin kecil pula bunga pinjamannya.

Kami dapat membantu Anda dalam mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan bank terpercaya di Indonesia. Informasi lebih lanjut silakan klik: DuitPintar.com